Tiga Penawar Anti Galau

Bagi yang merasakan kesedihan dan perasaan tidak menentu, terkadang segala masukan dan nasihat serta saran dari teman dan kolega tentang solusi bagi masalah yang sedang kita hadapi sering kali tidak dapat menentramkan hati kita. Nasihat dan wejangan itu terasa hambar saja menguap tanpa meninggalkan bekas yang berarti. Bahkan sering kali kita merasa marah karena beranggapan bahwa mereka tidak mengerti permasalahan dan perasaan kita yang sebenarnya.

Untuk yang sedang dalam kondisi yang kurang lebih seperti itu maka perlu memperhatikan sikap yang tepat sehingga kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk itu. Diantaranya:

1. Yakinkan dalam diri kita bahwa semua yang terjadi adalah berdasarkan kehendak Allah yang maha bijaksana dan maha mengetahui yang terbaik bagi makhluknya. Dialah yang maha Pembolak-balik hati. Allah adalah penguasa seluruh alam, tidak ada bandingan bagi keluasan kerajaan dan kekuatan-Nya.

2. Hilangkan perasaan rendah diri dan merasa diri paling malang. Lihatlah dan kunjungilah orang-orang yang sedang mrenimpa kemalangan dan kesedihan. Bila kita perhatikan ternyata banyak orang yang nasibnya lebih mengenaskan. Ada banyak yang tidak mendapatkan makanan berhari-hari. Ada yang tidak mendapatkan rumah untuk sekedar melepas lelah. Ada yang menderita penyakit yang menyakitkan dan mematikan. Lalu lihatlah badan sekujur yang masih bergerak dan lengkap. Dengan ini kita akan sadar betapa banyak nikmat Tuhan yang belum kita sempat kita syukuri, jangankan bersyukur ingat pun tidak.

3. Sibukkan diri pada pekerjaan-pekerjaan yang bermanfaat, perluaslah pergaulan dan jangan mengunci diri di kamar yang gelap dan mengasingkan diri dari lingkungan sekitar.

Untuk kesempatan sekarang kiranya cukup 3 point di atas untuk mengobati kegalauan yang melanda diri kita. Semoga bermanfaat.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.