Teknik menulis Artikel

Beberapa orang kawan pernah berkumpul membahas ketertarikan mereka terhadap dunia tulis-menulis. Mereka berpandangan bahwa dunia tulis-menulis merupakan tanda majunya peradaban seseorang bahkan masyarakat. Hal ini tentunya juga nantinya bisa menjadi indikator keberhasilan Program Pemabangunan Sumber Daya Manusia.

Memang setelah saya pikir pikir pemikiran mereka terhadap dunia tulis-menulis sama sekali tidak ada yang salah. Manusia Indonesia harus mampu menuangkan ide dan gagasan dalam dokumen yang rapi dan bermutu. Sebagai manusia yang beradab dan berwawasan, kita akan selalu ingin mengukir sejarah dengan menuangkan ide yang bermanfaat dan mewariskannya kepada generasi penerus kita semua.

Ada beberapa kendala yang membuat seseorang malas untuk menuangkan ide atau bahkan hanya sekedar mencatat ide-ide yang yang ada sehingga tak lama kemudian ide-ide itu menguap tak berbekas. Diantara sebab yang mungkin kita lihat adalah diantaranya faktor motivasi. Satu faktor ini sangatlah mempengaruhi seseorang dalam melakukan aktifitas apapun. Bila telah turun semangat maka biasanya hasilnya tidak akan sebagus bila dilakukan dengan penuh ambisi dan obsesi. Namun jangan khawatir, kita bisa menumbuhkannya dengan berbagai macam cara, yang mungkin bisa lakukan adalah kita berusaha mendalami dan menghayati betapa bermanfaatnya menulis itu. Kita juga bisa menggali trik-trik baru dalam menulis sehingga kita bisa keluar dari zona bosan dan malas.

Untuk menumbuhkan motivasi itu, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menjaga ketulusan hati dalam menulis. Kita tidak mengotori aktifitas kita dengan hal yang dilakukan tidak setulus hati. Lalu kita ingatkan diri bahwa semua yang dilakukan adalah dalam rangka ibadah dan beramal shalih. Jadi sebelum kita menulis tumbuhkan dulu motifasinya. ini adalah prasyarat yang harus ada.

Trik Menulis Artikel
• Tulislah apapun yang ada dalam pikiranmu segera dan sekarang juga. Jangan tunggu masa senggang dan waktu yang lebih tepat. karena waktu yang paling tepat adalah ketika anda ingin menulis satu ide maka tulislah segera sebelum ide itu menjauh pergi.
• Mulailah menulis pengalaman anda sendiri. Untuk melatih kebiasaan kita dalam menulis maka kita berusaha untuk kembali menulis pengalaman yang terjadi pada kita dalam kehidupan sehari-hari.
• Catatlah hal-hal yang menarik perhatian anda, jangan pikirkan dulu orang lain mau bilang apa terhadap tulisan-tulisan kita.
• Tulislah yang ringan-ringan dan dekat dengan kehidupan kita, baik itu kebiasaan anda dalam hal makanan, berpakaian, bersosialisasi, dan sebagainya.
Demikian Trik menulis artikel bagi tahap permulaan. semoga bermanfaat ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.