Semua Amal harus dilakukan dengan Ikhlas

Hari sudah beranjak senjasementara keringat dingin mulai memenuhi sekujur tubuh, rasa lelah sudah mendera begitu beratnya, suara sudah serak, berjalan pun sudah tidak tegap, rambut kusut, muka pucat pasi, tersenyum seakan tertahan, dan punggung sudah ingin direbahkan.

Begitulah kira-kira keletihan di dunia. Semua tidak ada yang benar-benar senang dan enak. Yang dikira senang ternyata penuh dengan kegelisahan. Yang dikira sempurna ternyata penuh dengan cela dan tak luput dari cela.

Tersadar dari perenungan adzan ashar berkumandang pertanda senja memang benar-beanar senja. Insaflah diri ini bahwa usia semakin senja. Yang dulu ada sudah tiada. Yang dulu muda kini sudah tua. Yang dulu sebagai cucu kini sudah bercucu.

Begitulah dunia penuh dengan kelelahan. Bila saja hanya sekedar lelah ini yang kita dapatkan, maka teramatlah kita merugi. Bila hati hanya terpaut pada kesenangan sekarang di dunia ini, maka lelah bertambah lelah.

Maka benarlah Engkau wahai Rasulullah, bahwa seluruh amal harus disertai dengan tulusnya niat. Biar lelah tak sekedar lelah maka niat harus ikhlas. Agar amal berbalas pengabulan, maka amal arus ikhlas. Mari terus belajar dan mengamalkan. Jangan bosan dan jangan berhenti belajar dan berjuang.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.