Pernahah Kita berdo’a untuk Kebaikan Negeri kita

Semua hidup kita harus diiringi dengan harapan. Orang yang paling jahat adalah orang yang merampas harapan. Orang yang paling celaka adalah orang yang tidak memiliki harapan. Harapan yang ada ini harus terwujud dalam tiga aspek, Pikiran, Ucapan dan Perbuatan. Semua tidak ada yang sia-sia. Oleh Tuhan semua perbuatan kita dicatat dengan lengkap dan tersimpan rapat dan rapi, suatu saat kita akan tahu catatan amal kita itu. Bila manusia berharap dengan pikiran, ia punya nilai. Bila berharap dalam ucapan, ia punya nilai. Bila ia punya harapan dalam perbuatannya ia juga punya niali. Bila kita berharap kebaikan maka nilai yang akan diraih adalah kebaikan. Dan bila sebaliknya maka hasil yang didapat pun akan sebaliknya pula. Harapan yang ada dalam pikiran yang mendalam akan terpancar dalam ucapan dan perbuatannya.

Orang yang dalam hati dan pikirannya punya harapan hendaklah mengiringinya dengan lantunan doa yang diucapkan kemudian dibuktkan dengan perbuatan. Karena manusia dengan berbagi sisinya punya hak masing-masing yang harus dipenuhi. Ada hak hati dan ikiran. Ada hak lidah, ada hak mata, ada hak anggota badan, dan lain sebagainya. Bila bisa memenuhi hak-hak itu berarti kita telah lengkap dalam berharap.

Ada yang sering terlupakan, yaitu pernahkah kita berdo’a untuk negeri kita yang tercinta ini. Kita mengkhususkan waktu untuk bermunajat memohon kebaikan untuk negeri yang tercinta ini. Pernahkah kita melakukannya.. ? Jangan hiraukan perkataan orang yang berkata: “yang penting bukti nyata dalam perbuatan.” Seolah tampak benar, namun bila kita kaji ada yang perlu kita luruskan, bahwa berdoa itu bukan semabarang perbuatan biasa. Bukan perbuatan ala kadarnya.

Berdoa adalah hal yang sangat istimewa. Benar memang bukan hanya berdoa. Tapi semua akan indah dan berkah bila dimulai dengan doa. Akan diberkahi perjuangan kita mengisi kemerdekaan ini bila kita selalu memohon petunjuk-Nya dalam mengisi kemerdekaan ini. Langkah kita akan selalu dibimbingnya dalam upaya memenuhi harapan kita dan para pahlawan untuk kemakmuran negeri kita yang tercinta ini.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.