Merindukan Barokah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu ..

Itulah kalimat yang kita diperintahkan oleh Rasulullah untuk menyebarkannya. Kita diajarkan adgar mengucap salam ini kepada yang kita kenal atau yang tidak kita kenal. Ketika bertemu ucapkanlah salam, ketika berkunjung ucapkanlah salam, ketika masuk ke rumah ucapkanlah salam, apabila hendak masuk ke masjid maka ucapkanlah salam, dan bila hendak masuk ke area pekuburan maka ucapkanlah salam.

Rasul mengajarkan bahwa barang siapa mendo'akan saudaranya dengan tulus maka ia beroleh seperti apa yang ada dalam doa yang dilantunkannya itu bahkan lebih baik. Dalam satu catatan sejarah orang-orang mulia ada yang memilki amalan yang jarang dilakukan orang yaitu semenjak ia selesai shalat maka ia memohonkan ampun dan mendoakan satu persatu orang yang ia kenal. Ia ajukan permohonan dan keinginan orang itu melalui lisannya. ia lakukan itu sampai menjelang shubuh. Dan ucapan salam adalah merupakan salah satu bentuk yang mirip dengan amalan orang yang mulia tadi bahkan ini adalah ajaran Rasulullah pembawa risalah dan penjelasan Al-Qur'an.

Setidaknyaada tiga do'a yang terangkum dalam ucapan salam - assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu -- Pertama Memohon keselamatan, Keselamatan ini meliputi keselamatan di dunia dan akhirat, dan sebaik baik do'a yang dikaitkan dengan kepasrahan, apakah keselamatan menurut Allah yang pantas untuk kita.

Kedua, memohon Rahmat yaitu kasih sayang Allah. Allah akan menyayangi apabila kita menebar kasih sayang di bumi ini sebagai penyebar risalah dan membawa orang menuju hidaya Allah.

Ketuga, memohon Barokah, yaitu memohon kenikmatan yang tetap kokoh, tumbuh, berkembang kokoh dan berbahagia. Barokah adalah taat kepada Allah yang akan beroleh kebahagiaan dari sisi-Nya.

Bagi yang berdo'a dengan ucapan salam kepada saudara-saudaranya tentunya akan beroleh pahala yang berlipat-lipat, pahala menyebarkan salam, mengajarkan keramahan dan kelembutan, mendo'akan, menyenangkan orang, menyambung kekerabatan dan tentunya menampakan islam yang cinta damai.

Maka bagi orang yang mendengar salam maka harus menjawabnya dengan yang sama atau lebih baik agar ia juga memperoleh kebaikan seperti yang mengucapkan salam tadi. Maka ia akan beroleh keselamata, kedamaian, kesentausaan, rahmat dan barokah ....

Semoga kita bisa mengamalkan Sunnah ini dengan semaksimal mungkin ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.