Kuyuk: Salah Satu Makanan Khas Cidaun

Telah lama saya tidak makan Kuyuk. Ketika selesai mengawas UN (Ujian Nasional) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Cidaun, kami disuguhi aneka makanan dan panganan, salah satunya adalah Kuyuk itu. Yang disuguhkan siang tadi adalah Kuyuk yang dimasak manis dengan menggunakan santan. Rasanya sangat kena di lidah. Bahkan Bapak Dede Alih Sulia, salah seorang guru kami, stap pengajar di SMPN I Cidaun berkelakar kepada Ibu Lilis, beliau mengatakan; “ ….. da Lilis mah apalna ngan Kuyuk, Kuyuk we ….

Apa itu Kuyuk ?

Kuyuk adalah salah satu makanan khas yang ada di Cidaun. Sebenarnya, complicated mengatakan Kuyuk makan khas Cidaun, karena setelah saya mengamati ternyata Kuyuk ini juga diproduksi di daerah yang lain, dengan berbeda nama dan cara masak.

Baca Juga tentang Kasem

Kuyuk ini adalah makanan yang terbuat dari rebung bambu yang direndam dengan beberapa perlakuan. Makanya dalam istilah santri pesantren ada istilah dikuyuk yang berkonotasi sebagai hukuman atau biasa disebut ta’zir. Bila ada santri Bengal dan melanggar aturan maka salah satu bentuk ta’zir adalah dikuyuk artinya direndam di dalam kolam hingga kedinginan, lalu disuruh berdiri di tempat antara barisan santri rijal dan santri niswah pasti eraeun …

Bagaiman Cara Membuat Kuyuk ?

Cara membuat kuyuk tidaklah sulit, Cuma memerlukan kesabaran. Langkah-langkahnya adalah; kita mencari rebung bamboo yang masih muda dengan ukuran tinggi sekitar 30 cm saapi kira-kira 50 cm. Lalu kita potong. Setelah itu bersihkan plasma luar atau selaput luar yang berbulu dan berdaun kecil. Buka sampai ada bagian yang lembut dan tidak keras.

Setelah itu rajanglah rebung yang sudah dibersihkan tadi. Lalu masukkan ke dalam karung dan rendamlah selama tiga hari tiga malam. Lalu angkat dan taburkanlah garam. Diamkan sebentar lalu bilas dan cuci sampai bersih dan garamnya tidak terlalu terasa. Setelah itu kita masukkan kemabali ke dalam karung dan rendam sampai tiga hari tiga malam.

Setelah itu angkat. Ketika diangkat baunya sangat menyengat. Cuci dengan bersih. Kalau ada dengan air hangat. Lalu setelah itu tiriskan. Dan sampai di tahap ini Kuyuk ini sudah bisa dimasak.

Jenis Bambu yang Paling Baik diKuyuk

Ada banyak jenis bamboo yang bisa diKuyuk. Diantaranya Bamboo Hitam, Bambu Gombong, Bambu Lengka, Bambu Tamiang, Bambu Haur, Bambu Temen. Namun diantara bamboo yang bias digunakan, yang paling baik adalah Bambu Gereng.

Bagaimana Cara Memasak Kuyuk

Bila kita kreatif tentunya aneka jenis olahan dari kuyuk ini dapat kita variasikan. Dengan bumbu-bumbu yang berbeda kita bisa mengkreasikan menu baru yang berbahan dasar Kuyuk. Sebagai rekomendasi, dengan cara yang sangat sendera kita dapat mengolah Kuyuk, yaitu bisa ditumis pedas, atau diopor dengan menggunakan santan. pasti maknyusss …

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.