Filosofi Pohon KERSEN

Bila kita m perhatikan maka kita akan sampai pada kesimpulan bahwa tiada sesuatu pun ciptaan Allah swt yang sia-sia di dunia ini. Bahkan yang kita pandang tidak ada gunanya namun dari sudut pandang yang lain justru sangat berguna.

Kita pernah melihat hama dan gulma yang mengelilingi tanaman kita. Secara sepintas kita berpendapat bahwa adanya hama dan gulma itu sangat merugikan. Ini berarti hama dan gulma itu tidak berguna. Namun bagi para penjual obat tanaman itu justru menguntungkan.


Kita juga pernah mengalami yang namanya kegagalan. Hancur rasanya bila kita gagal. Kita marah dan kecewa. Dan kita menyangka bahwa kegagalan itu buruk dan tidak berguna. Namun dari sudut pandang yang lebih jernih justru kegagalan itu sangat berguna untuk membentuk mental yang kuat.

Pohon: Masa Lalu dan Masa Sekarang


Pada masa lalu manusia sangat bergantung pada alam sekitar dalam menjalani hidupnya. Hutan dan pohon adalah salah satu yang sangat mereka jaga dan rawat. Tidak jarang pohon disembah karena dianggap telah memberi kehidupan kepada mereka.


Pada masa sekarang ini manusia makin sadar akan pentingnya melestarikan hutan dan pohon. Karena banyak illegal loging dan perambahan hutan yang menebang pohon-pohon tanpa memperhatikan dampaknya membuat bumi semakin kritis. Paru-paru dunia yang semakin sedikit membuat temperature bumi meningkat karena efek rumah kaca. Lapisan ozon semakin menipis dan es kutub mencair. Dengan ini bermunculanlah kampanye untuk menyelamatkan bumi dengan mencantumkannya dalam konvensi international yang sepakat untuk mengurangi emisi Karbon di setiap Negara yang menanda tangani konvensi. Konsep segala Green semakin booming.


Manusia masa lalu dan masa sekarang sangat dekat hubungannya dengan pohon. Dalam kisah nabi Adam pun termaktub adanya interaksi manusia dengan pohon. Bila kita lihat lambing-lambang yang kita jumpai maka banyak pula yang menggunakan symbol pohon.

Pohon Sebagai Permisalan

Banyak sekali dalam beberapa literature yang memisalkan sesuatu dengan pohon. Ambil saja beberapa contoh, Rasulullah memisalkan kaum mu’minin sebagai pohon kurma yang paling banyak manfaatnya.


Di Indonesia ada lambing Kitri yaitu Pohon kelapa yang masih kecil dan biasanya baru punya dua daun. Kitri ini sebagai lambing Pramuka yang mengajarkan Kebergunaan insan Pramuka.


Pohon KERSEN

Tulisan ini adalah hasil dari rasa takjub saya terhadap satu pohon yang banyak di temukan di daerah kami. Pohon Kersen namanya. Saya tidak tahu kalau di daerah lain namanya apa. Pohon ini adalah salah satu pohon yang sangat familiar dan selalu ada cerita dengan pohon kersen ini. Dahulu ketika masih usia anak-anak saya suka menyengaja mengunjungi SD Kutawaringin yang di halamannya banyak tumbuh pohon-pohon Kersen yang berbuah lebat. Bersama kawan-kawan kami memanjat pohon-pohon itu dengan riang dan gembira. Sungguh bahagia bila mengenag masa-masa itu.

Beberapa Keunikan Pohon Kersen

Bagi saya pohon kersen itu sangat istimewa dan unik. Keunikan-keunikan itu diantaranya;
 
Pertama; Pohon ini mudah tumbuh

Saya sering menjumpai pohon ini sangat mudah tumbuh. Di pinggiran sungai banyak sekali yang tumbuh, di tembok rumah tumbuh, bahkan di daerah yang susah air seperti di SD Kutawaringin itu malah pohonnya tumbuh subur

Kedua; Pohon ini sangat Rindang

Bila kita lihat setiap pohon kersen pasti rindang dan menyejukkan. Sangat nyaman berteduh di bawah pohon kersen ini. Udara sejuk dari sela-sela daunnya seakan berhembus pelan menyejukkan tubuh. Dengan ini taidak jarang siswa-siswi MMadrasah Aliyah Al-Holiliyah sangat nyaman duduk-duduk di bawah pohon ini.


Ketiga; Pohon ini liat
Pohon ini sebenarnya berkambium banyak dan tidak memilki kayu sekeras katapang atau jati. Namun pohon ini liat dan bila diinjak tidak mudah patah. Bukan karena keras tapi karena lentur.



Keempat; Pohon ini buahnya banyak
Bila kita mau mengamati, pohon kersen adalah salah satu pohon yang bila berbuah pasti buahnya banyak banget. Dari satu cabang kecil saja minimal ada tiga buah.


Kelima; Buahnya manis bila telah masak
Yang ini adalah nilai plus plus pohon kersen sehingga tua muda sangat gemar memakan buah ini. Seperti yang pernah saya ungkapkan tadi bahwa anak-anak sangat suka buah pohon ini.


Itu anak-anak, bagaimana dengan orang dewasa? Yang dewasa juga ternyata sama doyan juga. Bila anda pernah berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Amanah maka anda bisa bertemu dengan santri-santri penggemar buah kersen, salah satunya tentu saya … heehee.!! Emang enak sih sambil berteduh lirik-lirik ke atas nyari buah kersen yang udah merah dan cret digigit … ennyak enyak ennnyyyak… pasti ketagihan dan lirik lagi ke dahan yang lain.

Keenam; Pohon ini buahnya berbiji banyak
Pantas saja pohon ini banyak tumbuh di mana-mana karena selain berbuah banyak, pohon ini berbiji banyak. Bila mau menghitung mungkin ribuan biji dalam satu buah. Maka dengan ini sangat masuk akal bila Pohon Kersen bisa tersebar dengan cepat.


Ketujuh; Pohon ini Bagus buat Kayu Bakar
Keistimewaan lainnya adalah pohon ini bila dibikin buat kayu bakar maka pembakarannya sangat bagus. Api yang dihasilkannya sangat panas dan tidak mudah padam.

Masih banyak lagi keistimewaan yang lain. Anda boleh menambahkannya. Dan sekarang saya bisa bilang Hiduplah seperti pohon KERSEN” Teduh, manis, berbuah banyak, beranak banyak, mudah tumbuh, mampu beradaptasi denagn baik, dan ulet serta liat.


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.