Apakah Hikmah Shalat Tahajud

Ini adalah pengalaman pribadi saya yang sesekali suka "memaksakan diri" melakkan shalat malam. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja bukan berniat mengajar dan menggurui. Dalam hal ini saya sering mendengar para ustadz sering menyemangati kita untuk shalat malam. Mereka mencontohkan tata cara dan do'a serta bacaan-bacaan dzikir yang bisa kita lantunkan di keheningan malam.

Setelah berkali-kali saya lakukan ternyata memang benar-benar luar biasa sahalat malam ini. Kita biasa menyebutnya dengan shalat tahajjud. Ternyata ketika kita melepaskan kenikmatan tidur kemudian kita berusaha bangkit dan mengambil air wudlu. Dinginnya air dan suhu di malam hari ternyata _bagi saya_ dapat membuat kita merasakan kesyahduan serasa kita yang dilanda kerinduan yang sangat kepada Allah SWT. Sering kali saya merasakan ada dorongan rasa bahagia sehinngga tanpa terasa sampai berlinang air mata. Maka saya menyarankan khususnya bagi yang sedang bingung, bangunlah kerjakan shalat malam, maka insya Allah hati kita akan tentram. Ketenangan hati ini akan membuat pikiran kita menjadi lebih cerdas dalam menggali solusi bagi masalah yang sedang kita hadapi saat ini.

Kemudian aktifitas sebelum dan sesudah shalat malam ternyata berdasarkan kajian ilmiah sangat bernilai bagi kesehatan paripurna. Air wudlu yang mengenai anggota wudlu kita bisa menurunkan stress kita dan dapat membuat peka sarap-sarap reseptor yang ada di anggota badan yang terkena air wudhu. Bahkan wajah jita akan lebih segar dan kencang sehingga tampak beberapa tahun lebih muda.

Ketika kita pertama bangun pun kita telah mendapatkan manfaat udara segar di waktu fajar yang merupakan udara yang paling bersih, karena belum banyak polutan dan zat berbahaya pada waktu itu. Paru-paru kita akan lebih sehat dan bersih, ini adalah terapi paru-paru yang mudah dan murah serta mudah dilakukan bagi kita yang punya kemauan. Demikian pula aktifitas Shalat malam nya tersendiri mengandung hikmah yang berharga. Ini bisa kita kaji dalam buku-buku yang memabahas tema ini.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.