10 Hikmah Bersiwak

Rasulullah saw adalah utusan Allah kepada seluruh alam. Dalam sunnah Rasulullah terkandung hikmah yang sangat besar. Mengikuti Rasulullah adalah bentuk Cinta kepada Allah swt.

Sudah pula diketahui oleh orang banyak bahwa ketika Rasulullah saw memberikan bimbingan maka disana akan banayak barakah dan kemudian akan banayak hikmah yang bisa digali. Dalam hal ini maka wajib abagi kita untuk mengikuti sunnah-sunnahnya meskipun sampai sekarang kita tidak mengetahui hikmahnya atau hanya sedikit yang kita ketahui hikmahnya. Dalam hadits-hadits Rasulullah banayak pula diterangkan secara jelas mengenaia khasiat atau keberkahan, keutamaan atau hikmah.

Diantara ribuan hadits dari Rasulullah yang menerangkan dengan gamblang menyebutkan keutamaan suatu amal adalah Hadits tentang SIWAK yang tercantum dalam kitab khairuzzad lidaaril ma’ad. Berikut kutipannya:
عَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ فَإِنَّ فِيْهِ عَشْرُ خِصَالٍ
1) يُطَهِّرُ الْفَمَّ
2) وَيُرْضِيْ الرَّبَّ
3) وَيُسْخِطُ الشَّيْطَانَ
4) وَيُحِبُّهُ الرَّحَمنُ وَالْحَفَظَةُ
5) وَيَشُدُّ الِّثَةَ
6) وَيَقْطَعُ الْبَلْغَمَ
7) وَيُطَيِّبُ النَّكْهَةَ
8) وَيُطْفِئُ الْمِرَّةَ
9) وَيُجْلِيْ الْبَصَرَ
10) وَيُذْهِبُ الْبَخَرَ
وَهُوَ مِنَ السُّنَّةِ

Artinya;
Hendaklah kalian selalau bersiwak, karena dalam siwak itu ada 10 perkara terpuji, yaitu;
1) Dapat membersihkan mulut;
2) Membuat Allah Ridh;
3) Membuat setan marah;
4) Dicintai Allah dan malaikat pencatat amal;
5) Dapat menguatkan gusi;
6) Dapat menghilangkan lendir;
7) Dapat menyegarkan nafas;
8) Dapat membersihkan cairan;
9) Dapat menguatkan mata;
10) Dapat menghilangkan bau busuk.

Bila kita hayati sungguh ini adalah hal-hal yang ingin dicapai dalam system pengobatan modern. Hadits ini juga mengabarkan trik jitu bagi kebaikan penampilan dan gaya hidup muslim sehari-hari. Sangat indah Hadits ini dengan satu kali amalan maka 10 keuntungan bisa diraih. Maka kita wajib melaksanakan hadits ini yang ibarat pohon berakar kuat dan berbuah banyak.

Hadits ini mengajarkan bahwa bila beramal kita harus memberikan manfaat kepada yang laian. Maka bersiwak bisa menjadi penyebab bagi kesehatan berbagai organ tubuh kita. Ini sangat modern. Bahwa mengobati satu organ atau memberi perlakauan pada satu organ jangan sampai menghambata atau mengganggu kinerja organ lain. Ini ilmu sangat luar biaa. Karena di zaman modern ini terkadang kita menjumpai adanya perlakuan terhadap satu anggota tubuh malah anggota tubuh yang lain yang tadinya sehat malah jadi terganggu.

Maka selamat mengamalkan hadits yang indah ini. Wallahu a’lamu

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.