10 Contoh Hikmah Luqman Al-Hakim

Ini adalah salah satu catatan saya yang dari dahulu menggemari dan suka membaca dan mengutip kata-kata mutiara dari para tokoh. Ini adalah salah satu hal yang mengantarkan saya untuk aktif di media social. Saya senag dengan kata-kata pembangun jiwa dan menginspirasi amal dan ibadah.

Semenjak saya belajar membaca dan menulis, saya menggemari kata-kata dari kutipan Hadits yang berisi perkataan-perkataan Rasulullah. Dahulu sekedar suka sekarang setelah agak dewasa saya sadar bahwa kekuatan kata Rasulullah lebih dalam dari perkataan seorang filosof dan penyair yang kadang-kadang hanya rangkaian kata yang tidak jelas maknanya. Kata-kataRasulullah banyak yang ringkas padat dan bermakna dalam, ‘ulama sering menamakannya jawamu’ul Kalim.

Dahulu dan sekarang banyak sekali orang yang dianugerahi nikmat hikmat kebijaksanaan bahkan sampai kelakar dan canda pun berisi pelajaran berharga. Tokoh-tokoh besar yang sudah mengenal asam garam kehidupan dan bertambahnya usia akan bertambah pula kejernihan dalam berfikir dan mengolah rasa.

Dalam hal ini bahkan ada ulama yang memerinci tentang kegunaan hikmah kebijaksanaan. Dalam Kitab nashaihul ‘Ibad ada tertulis perkataan Luqman al-hakim kepada puteranya tentang bentuk-bentuk perbuatan yang berdasarkan hikmah kebijaksanaan, berikut terjemahannya;

“Wahai ananda, sesungguhnya hikmah melakukan sepuluh hal; menghidupkan hati yang mati, bergaul denagn orang-orang miskin, menjauhi majlis para raja, memuliakan orang yang terpinggirkan, memerdekakan hamba sahaya, memberikan hunian bagi orang asing, membantu orang yang membutuhkan, menambahkan kemuliaan kepada ahli kemuliaan, dan kepada para pemimpin.”

Nah ini … mari mengambil pelajaran dan hikmah ..

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.