Dua Perkara yang Paling Berharga

Sebagi orang yang beriman sudah semestinya kita menjaga dan merawat keimanan kita kepada Aallah dengan jalan taat selalu kepada Allah dan selalu haus akan ilmu yang menguatkan iman kita dan berkumpul dengan sahabat-sahabat yang berakhlaq mulia sebelum nanti kita menuntun orang lain ke jalan yang suci menuju Allah SWT.

Dalam hal ini kita sangat perlu untuk menelaah dan mencintai ajaran yang terkandung dalam perkataan sang pembawa risalah ke dunia. Kita harus lebih menyukai pembicaraannya daripada perkataan-perkataan yang lain. Karena perkataan Rasulullaha adalah ajran yang menuntun kita menuju kehidupan yang penuh rido Allah SWT.

Rasulullah bersabda:
خَصْلَتَانِ لاَ شَيْءَ أَفْضَلُ مِنْهُمَا اَلإِيْمَانُ بِاللهِ وَالنَفْعُ لِلْمُسْلِمِيْنَ.
Dari Hadits ini dapat kita dapatkan ajaran yang sangat berharga bahwa iman dan menjadi manusia yang bermanfaat adalah dua perkara yang paling mahal dalampandanga Allah. Kedua-duanya harus kita miliki. Dengan iman yang menghimpun seluruh kesalihan hati akan terpancar keluar harum bagikan bunga yang tercermin dalam amalan-amalan badan yang penuh manfaat bagi sesame manusia.

Dalam Hadits yang lain dapatlah kita pegang teguh sebuah ajaran yang sanga berharga dari Rasul Yang Mulia, yaitu;
مَنْ أَصْبَحَ لاَ يَنْوِيْ الظُلْمَ عَلَى أَحَدٍ غُفِرَ لَهُ مَا جَنَى، وَمَنْ أًصْبَحَ يَنْوِيْ نُصْرَةَ الْمَظْلُوْمِ وَقَضَاءَ حَاجَةِ الْمُسْلِمِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةْ مَبْرُوْرَةْ

Barang siapa ketika pagi tidak berniat menzhalimi seseorang maka akan diampuni kesalahan yang telah ia lakukan, dan barangsiapa yang ketika pagi hari berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi kebutuhan seorang muslim, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala hajji yang mabrur.

Demikianlah tuntunan dari Rasulullah yang harus kita perhatikan dan harus kita laksanakan agar memilki iman yang kuat dan mampu memberikan manfaat kepada orang lain.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.